Riza Aningtyas Penulis Lepas yang hingga saat ini aktif menulis di berbagai media online. Termasuk di Cianyur.com

Curug Luhur Cibinong, Wisata Air Terjun Berundak yang Mempesona di Cianjur Selatan

2 min read

Curug Luhur Cibinong, Cianjur Selatan (Foto : simparda.cianjurkab.go.id)

Bicara soal objek wisata air terjun, memang tidak ada bosannya. Itu karena wisata air terjun menarik untuk diperbincangkan. Banyak sekali pemandangan indah yang bisa dinikmati saat kamu berwisata di air terjun. Begitu juga, saat kita berwisata ke Curug Luhur Cibinong, Cianjur Selatan.

Memang, dari namanya terdengar asing. Itu karena Curug satu ini belum diketahui oleh masyarakat di luar Cianjur secara luas. Namun, soal keindahannya tidak perlu diragukan lagi.

Nah, apa saja yang bisa dilakukan di Curug ini ? Langsung saja, baca penjelasan berikut ini.

AlamatPamoyanan, Batulawang, Kecamatan Cibibong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat – 43271.
Harga Tiket Masuk Harga Tiket ParkirBelum ada tarif tiket masuk/Gratis. Rp5.000,00 per unit motor
No. Telepon
Jam OperasionalMulai Pukul 07.00 – 17.00 WIB

Daya Tarik Curug Luhur Cibinong  yang Memikat Wisatawan

Sisi lain Keindahan Curug (Foto : IG @wiyotosukardi)

Tepat sekali, jika dikatakan pesona air terjun dapat merelaksasi pikiran yang penat. Itu karena suara gemercik air dapat menumbuhkan rasa damai di pikiran dan jiwa kita.

Apalagi jika kondisi air terjun itu masih alami dan belum tersentuh oleh tangan-tangan manusia, seperti: Curug Luhur Cibinong ini. Nah, apa saja daya tariknya ? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

1. Unik Karena Curug Luhur Cibinong Berundak

Memang wisata air terjun yang satu ini belum populer di kalangan masyarakat luas. Namun, ternyata Curug yang satu ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu air terjun yang berundak.

Perlu diketahui, Curug Luhur memiliki beberapa tingkatan dengan total ketinggian mencapai 50 meter. Keunikan lainnya adalah titik jatuh air terjun melebar.

Artinya jatuhnya air terjun tidak di satu titik saja, melainkan melebar. Adapun lebar titik jatuhnya air terjun bisa mencapai 20 meter. Nah, jatuhnya air terjun yang melebar itulah menyebabkan air terjun ini bertingkat-tingkat atau berundak. Bagaimana menurutmu, unik bukan?

2. Banyak Memiliki Spot Foto yang Instagramable

Selain unik, Curug di Cianjur ini juga memiliki spot foto yang alami. Artinya, spot foto tersebut terbentuk dengan sendirinya dari proses alamiah dengan kuasa Tuhan tentunya.

Oleh karena itu, tidak heran jika disini memiliki spot foto yang instagramable. Jadi, kamu bisa eksploitasi kemampuan fotografimu di tempat wisata ini.

3. Kejernihan Air di Curug Luhur Cibinong Indah Menyejukkan Mata

Kejernihan air di Curug Luhur Cibinong ini tidak perlu diragukan lagi. Itu karena air di Curug ini bersih dan jernih tanpa polusi. Pastinya, kejernihan air Curug Luhur Cibinong ini indah dipandang mata.

Baca Juga : Tempat Wisata di Cianjur Selatan Lagi Hits dan Update

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Curug Luhur Cibinong

Wisata air (Foto: IG@travlrindonesia)

Saat ini, sedang tren berwisata disertai melakukan kegiatan. Tentunya, kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan positif. Adapun kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika berwisata di Curug Luhur dalah sebagai berikut.

  1. Berenang, bisa dibilang berenang di tempat ini menyenangkan. Selain karena airnya yang jernih, berenang di sekitar air terjun juga aman.
  2. Mengasah kemampuan fotografi. Pastinya, banyaknya spot pemandangan yang indah akan mendorong seseorang untuk mengeksplorasi hobi fotografi.
  3. Trekking. Perlu diketahui, perjalanan menuju Curug harus ditempuh dengan jalan kaki atau trekking dari rumah warga. Akses jalan menuju lokasi penuh bebatuan. Oleh karena itu, kamu perlu berhati-hati.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Luhur Cibinong

Tersedia kolam alami (Foto: IG@wiyotosukardi)

Memang, fasilitas yang tersedia disini belum selengkap di tempat wisata lainnya. Namun, untuk fasilitas yang penting sudah disediakan, seperti: tempat parkir, kamar mandi, gazebo dan warung wisata.

Nah, itulah segala hal tentang Curug Luhur Cibinong, Cianjur Selatan yang perlu kamu ketahui. Jika kamu tertarik dan berniat untuk berwisata ke Curug ini, kamu harus menempu perjalanan selama 3 – 4 jam dari Kota Cianjur.

Adapun rutenya, tempuh perjalanan dari Cianjur Kota menuju terminal Pasir Hayam. Kemudian, lanjutkan perjalanan ke Selatan. Kamu akan melewati beberapa kecamatan, seperti: Kecamatan Cibeber, Campaka, Sukanagara, Pagelaran dan Tanggeung.

Pastikan, selalu berhati-hati dalam perjalanan menuju Curug ini. Utamakan keselamatan supaya kamu dapat menikmati pesona air terjun berundak yang memikat hati ini di Kota Cianjur Selatan.

Kontributor Cianyur

Riza Aningtyas Penulis Lepas yang hingga saat ini aktif menulis di berbagai media online. Termasuk di Cianyur.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat
Halo, Kak. Ada yang bisa dibantu ?