Riza Aningtyas Penulis Lepas yang hingga saat ini aktif menulis di berbagai media online. Termasuk di Cianyur.com

Derasnya Aliran Curug Cikondang Serasa Menikmati Pesona Air Terjun Niagara

3 min read

Curug Cikondang, Cianjur – Jawa Barat (image by IG @bangg.zam)

Selain dikenal sebagai kota lumbung padi, Cianjur juga populer dengan kota curug, yaitu kota yang memiliki banyak air terjun. Bukan rahasia lagi, Cianjur populer dengan objek wisata alamnya, terutama curug-nya. Salah satunya adalah Curug Cikondang. Curug yang satu ini dikenal dengan nama Little Niagara Jawa Barat.

Tentunya, kamu juga ingin menikmati sensasi liburan ke air terjun Niagara di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada. Pastinya, liburan ke air terjun Niagara membutuhkan waktu dan budget yang tidak sedikit. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kota Cianjur memiliki air terjun yang serupa dengan air terjun tertinggi di dunia ini.

Penasaran dengan sensasi liburan di air terjun Niagara? Tidak perlu jauh-jauh, kamu dapat menikmati sensasinya dengan berwisata ke Curug Cikondang. Nah, apa saja daya tarik salah satu curug di kota Cianjur ini? Simak informasi berikut ini.

AlamatDesa Wangunjaya, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur – Jawa Barat, 43263.
Harga Tiket Masuk dan ParkirRp5.000,00. Tarif pakir dapat berubah karena tempat parkir tersedia di rumah warga setempat.
No. Telepon
Jam Operasional24 jam, namun disarankan berkunjung pada pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Rute yang Harus Kamu Tempuh Menuju Lokasi Curug Cikondang

Curug Cikondang dikelilingi perbukitan hijau mempesona (image by IG @sitirahmaa2807)

Memang Curug Cikondang belum begitu dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Itu karena rute perjalanan menuju curug ini belum dikelola secara maksimal. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena jarak lokasi curug dengan Cianjur kota kurang lebih 37 km.

Jika kamu berniat berwisata ke Curug Cikondang, disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua. Hal tersebut karena jalan menuju Curug Cikondang kurang lebar. Selain itu, rute perjalanan menuju lokasi curug masih jalan berbatu.

Adapun rute perjalanan menuju Curug Cikondang yang harus kamu tempuh adalah lewati Jalan raya Cianjur menuju Sukabumi. Kemudian, arahkan ke jalur Cibeber dengan melewati Jalan Cilaku. Nah, setiba di Jalan Cilaku, kamu dapat melanjutkan perjalanan ke area perkebunan teh PTPN VII Panyairan.

Di area perkebunan teh PTPN VII Panyairan inilah  lokasi Curug Cikondang berada. Pastinya, adanya area perkebunan teh yang mengelilingi Curug Cikondang dapat menambah daya tarik air terjun yang satu ini.

Daya Tarik Curug Cikondang yang Sensional

Pesona Curug Cikondang adalah debir air yang cukup deras (image by IG @faizaljepreter)

Memang Curug Cikondang dikenal sebagai little Niagara oleh wisatawan. Penamaan tersebut bukan tanpa alasan. Hal tersebut karena aliran air terjun di Curug Cikondang serupa dengan aliran air terjun Niagara. Nah, untuk lebih jelasnya tentang daya tarik Curug Cikondang, berikut penjelasannya.

1. Dikelilingi Perbukitan dengan Kontur Perkebunan Teh

Seperti yang telah dijelaskan di pembahasan sebelumnya, lokasi Curug Cikondang berada di area perkebunan teh PTPN VII Panyairan. Tidak heran, jika air terjun yang satu ini dikelilingi perbukitan dengan kontur perkebunan teh.

Pastinya, adanya kontur perbukitan perkebunan teh ini menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Curug Cikondang. Tentu saja, perbukitan teh yang menghijau membuat Curug Cikondang sejuk dipandang mata.

2. Memiliki Debit Air yang Cukup Deras Seperti Aliran Air Terjun Niagara

Bagi kamu yang ingin menikmati sensasi deburan aliran air terjun Niagara, tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Itu karena dapat dinikmati di Curug Cikondang. Kabarnya, curug yang satu ini memiliki debit air yang cukup deras.

Bisa dikatakan, debit air Curug Cikondang hampir sama dengan aliran air terjun Niagara. Bahkan aliran air Curug Cikondang sering mengeluarkan suara gemuruh karena air yang mengalir begitu deras.

Perlu diketahui, Curug Cikondang memiliki ketinggian 50 meter dengan lebar kurang lebih 30 meter. Oleh karena itu, curug ini dijuluki little Niagara Jawa Barat –  Indonesia.

3. Terdapat Sungai Kecil Berbatu yang Terbentuk Secara Alami

Selain dikelilingi perbukitan yang hijau, Curug Cikondang juga memiliki sungai kecil berbatu. Kabarnya, sungai kecil berbatu tersebut terbentuk secara alami dari aliran air terjun yang cukup deras.

Bisa dibayangkan, sungai kecil berbatu yang terbentuk secara alami di kaki air terjun akan menambah keindahan Curug Cikondang. Jadi, kamu tidak perlu ragu lagi untuk berwisata ke curug ini karena daya tarik Curug Cikondang tidak perlu diragukan lagi.

Kegiatan Wisata yang Dapat Dilakukan di Curug Cikondang

Tersedia Banyak Spot Foto yang Instagramable di Curug Cikondang (image by IG @pesonaairterjunindonesia)

Memang fasilitas wisata yang tersedia di Curug Cikondang belum begitu lengkap. Namun, kamu tidak perlu khawatir di curug ini tersedia fasilitas umum yang dibutuhkan oleh pengunjung, seperti: toilet, warung wisata yang disediakan warga, tempat parkir sampai dengan tempat ibadah.

Selain fasilitas tersebut, juga terdapat fasilitas lainnya yang dapat menunjang wisatawan untuk melakukan kegiatan wisata di Curug Cikondang ini. Adapun kegiatan wisata yang dapat dilakukan di curug ini adalah sebagai berikut.

  1. Tersedia banyak spot foto yang instagramable, antara lain sebagai berikut.
    • Gubuk kecil di sekitar sungai.
    • Bukit buatan berpagar di kaki Curug Cikondang.
    • Perkebunan teh di sekitar Curug Cikondang
  1. Tersedia area kemah bagi kamu yang ingin melakukan kegiatan berkemah.
  2. Dapat melakukan wisata edukasi tentang perkebunan teh yang berada di dekat Curug Cikondang.

Itulah sensasi berwisata di Curug Cikondang yang dapat kamu nikmati jika kamu berlibur ke curug ini. Pastinya, kamu dapat menikmati sensasi lainnya seperti mendengar gemuruh aliran air terjun yang deras seperti gemuruh air terjun Niagara.

Jangan lupa, untuk selalu menjaga protokol kesehatan saat kamu berwisata ke tempat umum. Pastikan, untuk tetap dan menjaga tempat wisata dalam kondisi bersih dan tetap terawat supaya Curug Cikondang tetap indah mempesona.

Kontributor Cianyur

Riza Aningtyas Penulis Lepas yang hingga saat ini aktif menulis di berbagai media online. Termasuk di Cianyur.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat
Halo, Kak. Ada yang bisa dibantu ?